Sanur Village Festival 2015

Minggu, 06 September 2015

Sanur terdiri dari dua kata yakni “Saha” dan “Nuhur” yang berarti keinginan untuk mengunjungi. Terletak di bagian selatan pulau Bali, Sanur memang bukan destinasi yang paling dicari ketika mengunjungi pulau dewata. Namun, nyatanya sewaktu saya kesana justru disanalah saya baru merasakan keramahan orang bali yang sesunguhnya.
 
Dulu, ketika terjadi tragedi bom Bali di tahun 2005, seluruh pariwisata di Bali mati suri. Bule-bule tidak berani datang, jalanan sepi, okupansi hotel menyusut memprihatinkan. Untungnya ada komunitas Yayasan Pembangunan Sanur yang berinisiatif dan mengambil tindakan bijak dengan mulai mempromosikan Sanur kembali sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman dan menarik untuk dikunjungi melalui serangkaian acara yang diberi nama Sanur Village Festival. 

Awalnya respon yang diberi tidak begitu banyak. Namun seiring waktu event ini makin membesar dan mendapat kepercayaan dari masyarakat dan sponsor. Apalagi acara ini (hingga sekarang yang ke 10) murni dari komunitas dan untuk komunitas. Nggak pake EO. Wiih! Makanya salut banget sama acara tahunan yang bisa menjadi wadah kreativitas warga dan melestarikan warisan budaya ini. Untuk tahun ini temanya adalah “The New Spirit of Heritage” dan makin terasa spesial karena dibuka langsung oleh dua Menteri yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Koperasi dan UKM yakni AAGN Puspayoga. Festival berlangsung dari tanggal 26 – 30 Agustus 2015 ini dilaksanakan di seluruh wilayah Sanur dan beberapa highlight kegiatan yang selalu ditunggu tunggu masyarakat Bali dan wisatawan adalah :


1. Jukung Competition
Tanggal : 26 Agustus 2015
Lokasi : Pantai Segara Ayu
Sanur merupakan kawasan pesisir yang tak lepas dari kehidupan masyarakat nelayan. Para nelayan masih setia menggunakan Jukung yakni kapal tradisional yang bergantung pada angin. Kompetisi jukung ini diikuti lebih kurang 20 kapal yang berlomba melayari sepanjang pantai sanur. Para wisatawan dan warga sekitar pun berlomba lomba memberikan semangat kepada para nelayan sambil menikmati layar warna-warni yang berkembang di pantai.
Sanur Village Festival
Jukung Competition
2. Environmental Care
Tanggal : 26 Agustus 2015
Lokasi : Berbagai pantai di Sanur
Sanur tidak hanya memiliki pantai putih bersih dan laut tenang yang tepat untuk tempat berenang. Di samping itu sanur juga merupakan tempat bertemunya air tawar dan air laut. Menjaga keseimbangan alam dan terus menlestarikan lingkungan adalah upaya yang terus didengungkan termasuk di Sanur Village Festival. Sebagai contohnya, serangkaian acara yang melibatkan masyarakat dan wisatawan dalam menjaga alam diantaranya becah clean up, edukasi lingkungan hidup, penanaman terumbu karang, pohon bakau, kelapa dan tanaman langka lainnya. Ada juga pelepasan tukik, pengolahan sampah, pameran lingkungan hidup dan aneka kampanye penyelamatan bumi lainnya.
Sanur Village Festival
Turtle Release
3.Music & Culture Show
Tanggal : 26 – 30 Agustus 2015
Lokasi : Main stage di Maisonettee area Inna Grand Bali Beach
Setiap harinya di panggung utama digelar serangkaian hiburan seni & budaya yang memukau para penonton. Mulai dari pertunjukan musik dari penyanyi papan atas seperti Indra Lesmana, Sandy Sandoro dan lain lain, peragaan busana, hingga tari tarian dan pertunjukan teatrikal di panggung yang megah. Selain itu masih di kawasan ini mulai dari pukul 11 siang hingga tengah malam, ada banyak booth makanan makanan khas bali & luar negeri yang menjual makanan dengan harga yang terjangkau. Yah kira kira masih 20-30 ribu anda sudah bisa duduk santai sambil lihat pertunjukan. Ditambah nggak ada tiket masuk loh ke kawasan ini. Berasa pasar malam gitu deh! 

Sanur Village Festival
Main Area Sanur Village Festival
5. Santrian Cup
Tanggal : 30 Agustus 2015
Lokasi : Pantai di Hotel Puri Santrian
"Nenek moyangku seorang pelaut"
Syalalal lagu ini pasti udah familiar banget yah. Nggak heran di festival ini ada Santrian Cup. Santrian cup adalah lomba berlayar yang terbagi dalam kategori dewasa dan anak anak. Yang paling menarik tuh liat anak anak kecil lengkap dengan life jacket mendorong perahu kecil dengan gagah beraninya. Meski nggak dilepas ke laut lepas namun hanya rute jalur yang telah disediakan oleh paniti, tapi mereka patut diacungi jempol. Tidak hanya peserta dari lokal loh namun banyak juga anak anak bule yang turut meramaikan acara. Katanya sih kebanyakan dari sekolah berlayar gitu. Oooh...
Sanur Village Festival
Santrian cup pesertanya ada yang masih imut imut
6. Village Cycling Tour
Tanggal : 26 – 30 Agustus 2015
Lokasi : Sanur Area
Salah satu kelebihan pantai sanur adalah adanya jalur khusus bersepeda. Oleh karena itu tidak heran Village Cycling Tour yang dipandu oleh lokal menjadi salah satu program yang paling dinikmati sembari mengenal Sanur dengan bersepeda. Terbagi dalam dua kali trip yakni Morning & Afternoon trip, kita akan melewati kios masyarakat di pinggir pantai, hotel dan resort berbintang, warung di pinggir jalan hingga ke pasar sindu.
Sanur Village Festival
Village Cycling Tour
7.Kite Competition
Tanggal : 28 – 30 Agustus 2015
Lokasi : Pantai Mertasari
Sebagai wujud kegembiraan atas musim panen serta musim angin yang mendukung, sejak dahulu kala warga Sanur merayakannya dengan menerbangkan layang layang. Tak heran jika layang layang telah menjadi bagian dari anak anak bali sejak kecil. Untuk terus menghidupkan budaya ini, diadakanlah festival layang layang. Tidak tanggung-tanggung layang layang yang dilombakan antar daerah di seluruh Bali ini dibuat dalam ukuran raksasa dan untuk menerbangkannya diperlukan bantuan hingga puluhan orang. Peserta yang hadir pun juga banyak yang dari luar negeri. Hari itu langit Bali sungguh indah dengan hadirnya puluhan layang layang beraneka warna dan bentuk.
Sanur Village Festival
International Kite Festival. Layangannya semua lucu!
Kira kira tahun depan Sanur Village Festival bakal ada gebrakan apa lagi yah?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets