Majalah yang menerima Tulisan Perjalanan

Jumat, 08 Agustus 2014

Menerbitkan tulisan ke media cetak mempunyai banyak keuntungan antara lain membesarkan nama kita sebagai penulis, mempromosikan hasil karya, dan kemungkinan yang asik ialah mendapatkan honor.

Kontributor Majalah

Sayangnya tidak semua media cetak menerima karya dari luar / pembaca. Atau bisa juga seperti National Geographic Traveller, mereka menggunakan tim mereka sendiri untuk menulis berita dan hanya menyisakan seruangan kecil untuk kita meletakkkan tulisan. Tetapi tidak perlu berkecil hati karena masih banyak di luar sana yang butuh naskah perjalanan kita yang menginspirasi. Berikut daftarnya :

1.National Geographic Traveller
NG Traveller memang terkenal akan cerita petualangannya yang unik dan mendalam. Tak heran jika mereka juga terkenal susah untuk dimasuki artikel dari pihak luar. Untungnya sekarang ada satu halaman khusus yang dikhususkan bagi pembaca untuk menampung cerita pendek perjalanan dalam rubrik Trip Kita. Cara pengiriman :
Subjek : Trip Kita
Foto : 3-4 foto
Email : traveler@nationalgeographic.co.id

2. Panorama
Untuk rubrik "On The Road" di setiap edisi majalah ini menyajikan 6 destinasi, yaitu 2 destinasi Indonesia, 2 destinasi regional (Asia-Pasifik), dan 2 destinasi internasional (benua selain Asia & Australia) dan dapat dikirimkan ke Email : redaksi@panoramapublication.com 

3.CLEO Magazine
Email : cleoindonesia.redaksi@feminagroup.com

4. Mytrip Magazine
MyTrip yang saya beri kontribusi yakni rubrik OneDayTrip dimana mereka menginginkan tulisan suatu daerah yang dapat dijelajahi dalam sehari lengkap dengan info detail seperti harga makanan, jarak yang ditempuh dan alamat serta no Telp. Berminat? kirim ke Email : mytrip@media.femalindo.com
 
5. Cosmopolitan
Email : redaksi@cosmopolitan.co.id

6. Gogirl
Untuk rubrik "Jalan Jalam" kirimkan ke email : yenni@gogirlmagazine.com

7. Kartini
Untuk rubrik "Wisata" kirimkan ke email : redaksi_kartini@yahoo.com disertai identitas dan nomor rekening.

8. Padmagz
Beberapa rubrik yang bisa diisi adalah :
Travelnote : Buat padmakers yang pengen selfie tulisan perjalanan nge-trip kamu.
Destinationtaste : padmakers yang doyan moto dulu sebelum makan.
Destinationpoint : padmakers yang suka nginep-nginep di di luar rumah.
Communitrip/Sociotalk/Pleasurestyle : yang punya komunitas travelling, photography atau sosial dapat dikontak untuk diliput lho.
Arountheworld : Yang ini buat padmakers yang tajir ataupun suka travelling backpacker keliling dunia.

Segera kirim di email : redaksi@padmagz.com. 


9. Femina
Berada di bawah rubrik "Oleh Oleh", berikut tata cara pengiriman naskah perjalanan ke majalah ini
Melalui Email:
Email : kontak@femina.co.id  dengan Subject : [Rubrik Feature]
Atau melalui Pos :
Majalah Femina
Alamat: Gedung Femina, Lantai 5, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B 32 – 33, Kuningan, Jakarta 12910
Subject di pojok kiri atas amplop : [Rubrik Feature]
Petunjuk :
Panjang tulisan 4-5 halaman ketik, font Arial 12, single space (sekitar 1500 kata). Cara penulisan bisa berupa uraian panjang yang terbagi dalam 2-3 subjudul atau dalam boks-boks kecil yang berisi 2-3 paragraf (maksimal 5-6 boks). Boks ini memudahkan bila objek wisata yang dikunjungi cukup banyak dan tidak memiliki tema yang sama. Tulisan juga harus dilengkapi minimal 5 tip praktis dan berguna. Misalnya tempat-tempat belanja menarik, kuliner, biaya perjalanan, biaya akomodasi di kota/ negara yang dikunjungi, transportasi di dalam kota dan transportasi menuju ke tempat tersebut, souvenir dan oleh-oleh khas. Artikel yang masuk akan diseleksi oleh editor. Pengirim akan dikabari apakah tulisannya bisa dimuat di Femina dalam jangka waktu maksimal 3 bulan.

10. Female Magazine
Email : female.indonesia@media.femalindo.com

11.  Majalah Scarf
Email : info@scarfmagz.com 
Untuk rubrik Traveloque, panjang tulisan sekitar 3000 karakter. Foto minimal 300 DPI. Lebih baik lagi jika dalam cerita terdapat hal hal yang berbau keislaman.

12.  Majalah Anakku
Email : redaksi@anakku.net
Untuk rubrik jalan jalan, panjang tulisan sekitar 3000 karakter, foto minimal 300 DPI

13. Majalah TravelXpose
Email : indranbs@travelxpose.com

14. Aplaus Magazine (based in Medan)
Untuk rubrik Journey (cerita dan foto)
Untuk rubrik Snapshot (foto) dapat dikirimkan ke email : Elvy@aplausmagz.com

15. Getaway! Magazine
Email : sankhyaadi@gmail.com
Untuk rubrik Grand Journey, Explore, Adventure, Culture (destinasi luar negeri min 4 hal word) & Love Indonesia (destinasi di Indonesia 2 hal word)

Dan tak hanya majalah kini pun saya mencoba peruntungan di koran yakni :
1. Kompas klass (edisi khusus di tiap hari Jumat)
Email : klass@kompas.com
Kompas Klass menyajikan kisah perjalanan yang memfokuskan pada gambar yang dapat bercerita dibanding tulisan. Jadi tulisan cukup hanya satu paragraf dan sisanya foto foto (diminta lebih dari 10 foto) walaupun mungkin yang tampil hanya 5. Sejauh ini, masuk di Kompas masih termasuk kebanggaan paling besar karena salah satu media yang jangkauan pembacanya paling banyak.

2. Republika (kolom Leisure) 
Email : leisure@rol.republika.co.id
Panjang tulisan sekitar 8000-11.000 karakter (dengan spasi) dan karena koran tempatnya kan lebar tuh mereka menginginkan banyak foto (minimal 10 buah) tapi boleh kok kamu kirim beberapa dulu untuk pertimbangan. Di subjek email jangan lupa ditulisan : [Tulisan Jalan Jalan] dan judul artikel

3. Pikiran Rakyat (kolom Backpacker)
Email : topik@pikiran-rakyat.com
Panjang tulisan sekitar 4 hal word (1500 kata) dan kirim saja beberapa foto lowres dulu. Asiknya pikiran rakyat ada edisi online nya jadi sewaktu karya saya sudah tampil di koran dan gak kebeli saya bisa download versi digitalnya nih.

---

Sebelum meng-klik tombol kirim jangan lupa sempatkan menulis kata pengantar singkat mengapa artikelmu layak dicetak dan profil singkat serta jika ada sebutkan artikel artikelmu sebelumnya yang telah tayang di media cetak lainnya.

Kalau ada pembaca mengetahui info media cetak lainnya, share yak!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets