Review Megabus

Minggu, 15 Juni 2014

Megabus adalah salah satu provider bus dari Amerika Serikat yang tidak hanya melayani rute domestik USA tetapi kini cakupannya telah sampai ke Kanada dan UK.

Sewaktu jalan jalan di East Coast, saya berkesempatan mencoba Megabus untuk rute Washington DC - Baltimore - New York dan sebaliknya dengan durasi perjalanan kurang lebih 5 jam. Alasan milihnya sederhana : dua tingkat dan saya pun selalu duduk di atasnya. Berikut kesan dan pesan yang saya dapatkan :

Kelebihan
1. Murah.
Harga tiket sangat bervariasi tergantung dari jam & tanggal keberangkatan dan kapan belinya. Jika anda memesan tiket hari ini dengan tujuan sama seperti saya untuk keberangkatan bulan september, anda bisa mendapatkan tiket dengan harga hanya $1. Bukan bualan! Paling paling mahal pun (malam sebelum keberangkatan) harga tiket mencapai kisaran $50 atau parahnya tiket telah terjual habis. Jika anda mencari tanggal keberangkatan di hari weekend biasanya bakal lebih mahal dari weekday dan juga untuk jamnya kalau mau murah ambil di saat dimana orang jarang bepergian misalnya jam 3 dini hari.

2. Reservasi tempat duduk.
Sewaktu saya naik Megabus, belum ada sistem reservasi tempat duduk sehingga antrian pertama adalah raja yang masuk pertama dan langsung memilih tempat duduknya. Ketika saya mau balik ke New York, hari itu di Union Sation cuaca bersalju dan sangat dingin. Saya datang terlalu pagi hingga busnya pun belum muncul. Tetapi karena nggak kuat menahan dingin saya pun masuk ke dalam ruangan dan meninggalkan antrian saya yang pertama. Pas sudah dekat jamnya, antrian sudah mengulur hingga ke belakang. Untungnya saya masih kedapatan tempat duduk yang saya suka. Nah untung saja sekarang sudah ada sistem reservasi baru dimana kita dapat menbooking tempat duduk yang kita inginkan dengan membayar lebih demi kepuasan. Biasanya tempat duduk favorit saya haruslah yang memiliki interaksi paling sedikit dengan orang  di sekitarnya karena di jalan saya biasanya jarang ngobrol, lebih banyak bengong, tidur, liat jalan dan makan. Posis tempat duduk yang saya suka ialah yang paling depan sekalian untuk melihat pemandangan, paling belakang atau di depan tangga sehingga tidak ada kaki iseng yang tidak sengaja menendang tempat duduk saya. Tempat duduk nyaman itu memang keharusan dalam perjalanan yah?

3. Banyak pilihan jam.
Dalam sehari, bisa ada 5-6 waktu keberangkatan sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan

4. Bagasi
Megabus memberikan masing masing penumpang satu buah bagasi yang tidak lebih dari 50 pounds (sekitar 23 kg) dan dapat membawa 1 tas kecil ke dalam bus. Walaupun sebenarnya tidak ada pengecekan bagasi, disarankan mematuhi syarat ini agar bagasi kita tidak ditolak. Kalau tetap terpaksa membawa banyak bagasi, belilah tiket lagi sehingga anda punya space bagasi lebih banyak.

5. Fasilitas dalam Megabus
Terdapat wifi gratis(ketika saya coba tidak berfungsi), colokan, dan kamar kecil di lantai pertama. Tidak ada yang menjual makanan dan juga tidak ada sesi keluar dari bus untuk beli makanan sehingga bawalah makanan/minuman sendiri.

Megabus

Kekurangan
1. Hanya tersedia Online.
Ini pendapat saya pribadi bahwa Megabus yang hanya ada online di website ini merupakan sesuatu kekurangan karena segalanya harus dilakukan online termasuk pembayaran. Sewaktu di New York, kartu debit saya sudah kosong dan saya hanya memegang cash dan ketika mau membeli tiket, jelas tak bisa karena mereka hanya bisa melakukan booking serta pembayaran via internet. Terpkasa saya harus memasukkan uang ke dalam kartu baru membeli tiketnya. Harapan saya sih megabus punya kantor juga di beberapa kota besar.

2. Tidak ada official bus stop.
Mungkin cara ini dilakukan untuk menghemat biaya operasional sehingga mereka dapat menawarkan tiket $1. Kecuali di Union station DC, ketika saya turun dan berangkat naik bus semua dilakukan di pinggir jalan. Ketika dapat konfirmasi tiket, anda akan mendapatkan keterangan dimana bus akan berangkat dan turun nantinya. Nah disanalah juga bongkar muat bagasi anda. Selalu siap siaga karena bagasi pun tidak diberi penanda ini punya siapa. Terkadang waktu ngetem untuk boarding dan bongkar muat bagasi ini bisa menggangu para pejalan dan juga kendaraan yang mau lewat. Selain itu jangan sampai anda salah mengantri untuk Megabus karena dibeberapa daerah bus stopnya gabung/ berdekatan dengan bus stop lain juga. Sedangkan tidak ada tanda khusus bahwa antrian ini adalah megabus untuk rute dan jam ini. Cara terbaik adalah langsung bertanya ke orang yang mengantri pertama atau kepada petugas Megabus yang menggunakan seragam. Dan yang terakhir adalah jangan lupa mengecek kondisi cuaca karena bisa saja ketika menunggu turun salju, hujan, angin kencang, sedangkan anda telah terhimpit di antrian yang mengulur hingga 10 meter dan tidak ada tempat untuk berteduh. Satu satunya yang bisa anda lakukan adalah berdoa supaya busnya cepat datang.

3. Fasilitas restroom.
Saya hanya sekali menggunakan fasilitas ini. Kalau bukan karena terpaksa sungguh lebih baik saya tahan. Toilet di dalam Megabus yang tersedia layaknya seperti di dalam pesawat hanya saja tidak ada tombol flush sehingga seperti sengaja dibiarkan untuk semua kotoran ditampung dan larut dalam cairan biru hingga sampai tujuan. Duduk dekat toilet di lantai 1 sangat tidak disarankan.

Jadi sekali lagi harap diingat bahwa This is a budget travel. You get what you pay. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets