Kisah Dream Catcher

Minggu, 15 Juni 2014

Dikisahkan pada zaman dahulu kala, ada seorang guru spritual dari suku Lakota Indian American yang bernama yang sedang berada di gunung yang tinggi dan dia mendapat pencerahan dari Iktomi, guru kebijaksanaan yang datang padanya dalam bentuk laba laba. Iktomi berkata kepadanya sambil meraih willow hoop(kayu khusus berbentuk bulat seperi hola hup) yang mempunyai hiasan manik manik, ekor kuda, dan bulu. Sambil menjelaskan kepada guru spritual tersebut, Iktomi terus memutar hula hup tersebut dengan benang yang menyerupai bentuk benang di Dream Catcher sekarang. Adapun Iktomi menjelaskan tentang fase kehidupan manusia mulai dari masa kecil hingga menjadi tua. Akhirnya ketika selesai membuat jaring di Dream Catcher dengan lobang ditengahnya Iktomi pun memberikannya kepada guru tersebut. Dikatakannya bahwa Jaring jaring di Dream Catcher ini akan membatu manusia mencapai keinginan dan mimpinya yang indah, sedangkan untuk mimpi yang buruk tidak dapat melewati jaring ini.

Guru spritual yang percaya akan hal ini pun lalu memberitahukannya kepada masyarakatnya dan hingga kini Dream Catcher merupakan tradisi turun temurun yang tak hanya ada di suku Indian American tetapi juga telah populer hingga ke seluruh dunia.

Dream catcher yang dipercaya sebagai penentu masa depan ini digantungkan di atas tempat tidur atau kamar tidur. Suku Indian American percaya bahwasanya udara malam itu berisikan mimpi yang baik dan juga yang buruk. Jika orang tersebut memiliki mimpi dan harapan yang baik, maka Dream Catcher akan mimpi tersebut akan dengan mudahnya masuk melalui lobang di tengah Dream Catcher dan turun melalui bulu bulu halus di Dream Catcher dan masuk ke dalam orang yang tidur tersebut. Jika mimpi buruk, maka mimpi tersebut akan ditangkap dan disimpan di dalam jaring Dream Catcher dan akan punah terbakar manakala matahari pagi datang menyinarinya.

Dikarenakan keunikan dari Dream Catcher ini, saya pun berniat membelinya sebagai oleh oleh. Apalagi kerajinan tangan yang satu ini dapat ditemui dengan mudah di Arizona. Tetapi harus berhati hati karena bisa saja Dream Catcher yang anda beli bukan buatan hasil tangan para suku Indian American. Jika asli, biasanya mereka menyelipkan secarik kerta bukti otentiknya. Sebagai imbasnya harga Dream Catcher yang asli dan berukuran mini dipatok dengan kisaran harga mulai dari $5.

Untungnya sebagai hadiah kelulusan,saya mendapatkan Dream Catcher dari dosen journalismku. Warnanya pink pula. Katanya itu langsung dari temannya yang pembuat Dream Catcher. Dipilihnya warna itu karena saya adalah lambang kegembiraan. Amin!
 

Oh Dream Catcher, wujudkanlah mimpi mimpi indahkuku.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets