Naik Turun San Fransisco

Rabu, 11 Juni 2014

San Fransisco adalah kota yang mengasyikkan. Multi kultur, cuaca yang selalu adem, sistem transportasi yang baik, banyak makanan lezat dan masih banyak lagi daftar panjangnya kenapa San Fransisco termasuk dalam jajaran kota kota Favorit.

Hanya saja, seperti manusia tidak ada kota yang sempurna. Jikalau saya bisa mengubah San Fransisco, cuma satu yang ingin saya lakukan yakni meratakan kota ini. San Fransisco dibangun di area yang terdiri dari 43 hills (bukit kecil/penanjakan) yang tersebar di 49 square miles. Yang pernah pergi ke San Fransisco sudah pasti pernah merasakan pegalnya kemana mana berjalan kaki naik turun naik lagi turun lagi dan naik lagi baru nyampe tujuan. Fiuuh!

Perjalanan masing panjang
Hillsnya pun tidak main main loh panjang dan curamnya. Bahkan ada the seven hills of San Fransisco yang pamor seperti ini. Salah satu hill yang paling curam bisa mencapai 31 derajat. Saking curamnya, di beberapa hills dipasangi tangga untuk berjalan kaki, takut kalo kepelest turun lagi pasti udah nggak mau naik lagi. Memang sih tidak semua area yang dipenuhi penanjakan dan penurunan yang curam. Ketika hari pertama saya siap mengeksplor San Fransisco, dari Union Square hills nya masih normal, lalu saya hendak berjalan (baca:berhemat) menuju ke Cable Car Museum di Mason Street. Hari itu gerimis pula dan sebelumnya saya tidak mengantisipasi jalanan San Fransisco yang meliuk liuk. Lengkap sudah penderitaanya Basah, hampir tergelincir dan menyerah berjalan kaki. Setelahnya, langsung membeli tiket transportasi umum MUNI dan lebih baik hop on hop off dari Cable Car. Pemandangan yang disuguhkan pun indah banget kalau sudah di atas hill. 

Selalu rem tangan
Salah satu hill yang paling banyak dilewati pengunjung selama di San Fransisco adalah Lombart street yang kebanyakan turis datang untuk mencoba keahliannya mengemudikan mobil di jalan sempit, menurun dan berliku.

Lombart Street. Awas bablas sampai ke laut.
Lalu bagaimana dong?
Bagi penduduk lokal saya cuma berdoa fisiknya dikuatkan dan tidak usah lagi ke gym cukup puterin satu komplek pasti sudah berasa olahraga.Selain itu, kini telah ada Hill Mapper, website yang menampilkan map khusus San Fransisco dimana ditunjukkan area area hills yang dapat dihindari.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets