Review AMTRAK

Selasa, 17 Juni 2014

USA hanya memiliki satu jaringan kereta api untuk penumpang yang bernama AMTRAK. Jika ingin bepergian biasanya prioritas saya yang utama adalah pesawat, lalu bus baru deh kereta api. Naik AMTRAK pun sebenarnya di luar rencana karena flight saya dari Buffalo menuju New York City diundur akibat badai salju sedangkan saya harus hadir di convention esok harinya. Bus tidak ada, satu satunya jalan keluar dari kota ini adalah kereta api. Langsung saja saya booking segera dan untung tiketnya masih ada dan belum naik terlalu mahal.

Badai salju pun terlewati
Kekurangan 
1. Mahal
Menurut bacaan yang tersedia dalam kereta, naik kereta api niscaya lebih eco-friendly dan hemat energi. Survey menyatakan bahwa perjalanan dengan menggunakan kereta api 17% lebih efisien dibanding dengan pesawat terbang dan bahkan 34% lebih efisien dibandingkan dengan mobil. Sayangnya menurut hemat kantong saya sebagai penumpang, naik kereta api bisa jadi tidak lebih hemat. Harga kereta api di USA ternyata tak murah. AMTRAK yang merupakan perusahaan milik negara ini dananya telah tersubsidi dari uang rakyat tetapi harganya jauh dari kesan merakyat dengan rata rata harga tiket $62 one way dan akan semakin naik menuju hari keberangkatan dan jenis tiket. Malahan terkadang bisa lebih mahal dari pesawat belum lagi harus ditambah dengan waktu yang kita habiskan berjam jam duduk di dalam kereta. Begitu sampai di dalam kereta pun, kesan mahalnya tidak berkurang manakala saya membeli makanan dan minuman. Selain itu, dalam 12 jam perjalanan saya, makanan telah habis menjelang malam. Duh harus bawa banyak banyak bekal makanan nih. Air minum juga tidak tersedia secara gratis.


Salad, Noodle cup, Fruits, Water kurang lebih mau $20
2. Perjalanan
Lagi lagi wifi tidak tersedia dalam kereta. Kereta api tujuan saya datang on time sayangnya ketika sudah mulai berjalan, rupanya macet. Menurut pemberitahuan, dikarenakan banyaknya kereta api yang beroperasi jadi kami harus saling tunggu menunggu sehingga waktu sampai di New York City molor beberapa jam hingga tiba dini hari.

3. Kereta tua.
Sayang sekali rata rata kereta AMTRAK telah mencapai umur 26 tahun dan yang paling tua bahkan berumur 63 tahun. Jadi jangan bayangkan naik kereta ekspress. Naik kereta AMTRAK masih bakalan mendengar dengus kereta api dan suara horn kereta api dari kejauhan.

4. Waktu keberangkatan terbatas dan tidak mencakupi semua daerah di USA. Cek website AMTRAK untuk lebih detailnya.

Kelebihan
1. Kursi yang besar dan nyaman
Dibanding kursi pesawat yang bikin pinggang encok, kursi di AMTRAK sangatlah nyaman, besar dan lebar serta dilengkapi dengan pijakan kaki. Beruntungnya tidak ada yang duduk di samping saya sehingga saya bisa tidur di dua kursi. Tempat duduk pun bebas.


Kabinnya luas
Nyaman duduk sendiri
2. Pemandangan
Menurut saya pengalaman ini sangat unik. Saya bisa tenggelam beberapa jam dalam lamunan sambil mendengarkan lagu lagu kesayangan. Belum lagi di depan saja pemandangan yang tersaji adalah putih salju yang menimbun apa saja.Seperti luar negeri yang ada di film film!



0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets