Alian Butterfly Park di Kebumen

Selasa, 03 November 2015

Ingin merasakan dikelilingi ratusan kupu kupu dan menengok langsung kehidupan si makhluk cantik ini? Ayuk ke Alian Butterfly Park.

Lokasi wisata ini baru buka juli tahun ini sehingga antusiasme warga masih sangat tinggi. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan pemandian air panas Krakal di kecamatan Alian, Kebumen ini juga terletak di pinggir jalan so you probably wont missed it.

Yang uniknya, bangunannya dibuat lucu seperti kastil ala ala kerajaan. Duh berasa kayak mau jumpa putri dongeng deh masuk ke sini.
Alian Butterfly Park Kebumen
Tampilan depan Alian Butterfly Park
Begitu tiba, saya dan rombongan teman teman disambut oleh pemiliknya langsung yakni seorang dokter kandungan (lah?) dan juga permerhati budaya(!) yang bernama pak Bambang Gunawan. Keren yah saya kira bakal profesor profesor gitu!

Baru mengintip dari pintu masuknya, di dalam sudah nampak banyak anak anak SD lokal yang sedang tour wisata dengan semangatnya berlari lari mengejar kupu kupu. Di area taman yang tak terlalu besar, ada kolam air terjun buatan dan juga tumbuhan tumbuhan yang bikin si kupu kupu betah lama lama di dalam. Biar nggak kabur di atas taman sudah dipasang jaring hijau, supaya teduh juga buat para pengunjung.
Alian Butterfly Park Kebumen
Kupu kupu di Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park Kebumen
Suasana taman outdoor di Alian Butterfly Park
Yang paling menarik dari Alian Butterfly Park ini justru adalah sebuah ruangan kecil di samping pintu masuk yang memajang jemuran kupu kupu bayi alias masih dalam bentuk kepompong. Masing masing kupu kupu ini ada yang tahapannya beda beda. Ada yang masih malu malu dalam kepompong, ada juga yang sudah mulai menampakkan sayap indahnya. Ada juga yang sudah berhasil (kemarin sore) melewati tahapan metamorfosinya dan berubah menjadi kupu kupu indah seperti yang di tangan saya ini.
Alian Butterfly Park Kebumen
Jemuran kupu kupu

Alian Butterfly Park Kebumen
Cantik yah say... eh kupu kupunya
Dari lokasi ini saya berlanjut ngadem ke dalam ruangan setelah taman yakni masuk ke dalam ruangan yang memamerkan kupu kupu yang sudah diawetkan dan dipajang, disusun dengan indah.
Alian Butterfly Park Kebumen
Pajangan kupu kupu
Jujur saja ini baru pertama kali saya mampir ke taman yang spesialis mengurus kupu kupu. Total ada 14 jenis kupu kupu yang jumlahnya ratusan bersliweran dengan tenang di sini. Mungkinkah inilah satu satunya taman wisata kupu kupu di Indonesia?

Kerennya lagi tempat ini sukses menjadi contoh tempat yang mengkolaborasikan konservasi (kupu-kupu), edukasi (ada mbak2 yang berjaga memberikan info), ekonomi (ada gift shop) dan wisata (dikelola secara profesional).

Tempat ini meski terbilang mungil namun karena masih baru, bangunannya bersih dan WC-nya bersih. Selain di sini, pengunjung bisa lihat penangkaran kupu-kupu yang terletak di alam bebas yakni di area selatan area pemandian air panas krakal. Pokoknya nggak ada alasan untuk nggak mampir di sini deh jika di Kebumen.

Alian Butterfly Park
Alamat : Depan Pemandian Air Panas Krakal
Harga Tiket : Rp 20.000 (untuk grup min 20 orang Rp.15.000)
Jam Operasional : 09.00-16.00 (setiap hari kecuali Jumat libur kecuali untuk rombongan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets