Tur Roemah Budaya Martha Tilaar

Kamis, 12 November 2015

Roemah budaya Martha Tilaar adalah rumah peninggalan masa kecil dari ibu Martha Tilaar. Buat cowok cowok mungkin gak begitu mengenal si ibu, tapi buat cewek cewek apalagi yang doyan make-up pasti kenal dong ibu yang mendirikan salah satu brand tradisional kecantikan Indonesian yakni Martha Tilaar Spa, Sari Ayu dan produknya yang lain.

Arsitektur Roemah Martha Tilaar ini bergaya arsitektur Indische Empire, merupakan gaya arsitektur Hindia Belanda abad ke 19 yang dipopulerkan oleh Gubernur Jendral Herman William Daendels dan sangat mempengaruhi perkembangan arsitektur The Empire Style yaitu suatu gaya arsitektur neo klasik yang melanda Eropa (terutama Perancis, bukan Belanda) yang diterjemahkan secara bebas sehingga hasilnya berupa bangunan yang berbentuk Hindia Belanda bergaya kolonial.

Rumahnya sendiri tidak terlalu luas. Begitu masuk, saya dan teman teman lain langsung memarkirkan mobil di halaman rumah. Begitu masuk ke teras bangunan ini, perpaduan budaya mulai tampak. Sebenarnya bukan hanya budaya belanda yang tampak, namun juga Chinese karena si Ibu mempunyai darah Chinese dari keluarganya.

Rumah Budaya Martha Tilaar
Masuk ke dalam Roemah Budaya Martha Tilaar
Bangunan dan bagian bagian rumah masih dipertahankan seutuhnya sesuai aslinya seperti tegel (keramik) lantai di teras hingga perabotan rumah tangga. Di rumah inilah si ibu yang dekat dengan neneknya (yang kemudian mengajarkan caranya membuat jamu dll) belajar berjualan makanan di depan rumahnya hingga ke Benteng Van Der Wick.

Masuk ke dalam rumah, terdapat beberapa kamar tidur, ruang duduk, dan lain lain yang dilengkapi dengan  foto foto masa lalu keluarga besar si ibu. Semua furniturenya masih terawat dengan sangat baik. Yang nggak kelihatan oleh saya cuma bagian dapurnya.

Rumah Budaya Martha Tilaar
Bagian dalam Roemah Budaya Martha Tilaar

Rumah Budaya Martha Tilaar
Altar Sembahyang Roemah Budaya Martha Tilaar

Rumah Budaya Martha Tilaar
Kamar tidur di Roemah Budaya Martha Tilaar
Di belakang, sudah terdapat taman mini yang juga kadang digunakan untuk acara / pementasan seni dan di sana terdapat juga pohon donasi bagi para donatur yang ingin menyumbangkan uang untuk proyek budaya yang seringkali diadakan di rumah ini.
Rumah Budaya Martha Tilaar
Udah macam cucu Martha Tilaar belum?
Bagi yang tidak begitu mengenal si ibu, dijamin habis tur keliling rumah sudah pasti mendapat pengetahun baru. Kalaupun tidak, melihat lihat rumah antik ini pun sudah pasti memanjakan mata dan berasa masuk ke dimensi waktu tempoe doeloe.

Habis tur, jangan lupa mampir ke samping kanan bangunan utama dimana terdapat toko yang menjual produk Sari Ayu (perusahaan ibu), anyaman, jamu, camilan khas gombong dan disertai kursi dan meja untuk duduk duduk. Sayangnya pas saya mau masuk malah terkunci. Mungkin harus inform mbak mbaknya yah?

Roemah Martha Tilaar
Alamat : Jl.Sempor Lama N.28 Gombong, Kebumen - Jawa Tengah
Telp : 0287-473313
Harga tiket : lokal (Rp.80.000) & internasional (Rp.90.000)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets