Tempoyak di RM Bu Salma Jambi

Sabtu, 08 November 2014

Sebagai orang jambi, saya tidak berminat sekalipun mencicipi makanan khas jambi yakni tempoyak. Miris yah. Habisnya tempoyak itu kan durian yang dibusukin (baca: difermentasi). Yang durian metong aja nggak doyan, apalagi yang busuk busuk? Cukuplah mpek mpek sebagai makanan khas jambi yang saya klaim.

Hingga suat saat datanglah "tamu" dari Bengkulu yang doyannya makan. Lalu mintanya makanan khas pula! Sebagai tuan rumah saya jadi malu mengakui saya tidak pernah memakannya dan juga tidak tahu harus merekomendasikannya kemana. Untung ada teman saya yang memberitahukan tempat yang cocok yakni Rm. Bu Salma. Ketika kami datang untuk makan siang, sudah tampak beberapa pelanggan yang menikmati santap siangnya. Karena berada di telanaipura, tidak heran jika kebanyakan pengunjung adalah para Pegawai Negeri. Mereka nampak sangat menikmati makanan, bahkan makan pakai tangan juga.

Duh, saya jadi aji mumpung dan penasaran ingin mencoba juga. Bagi yang tidak ingin mencoba makanan khas jambi, tidak apa apa juga karena masih banyak menu lainnya seperti sop ayam atau ikan bakar, tentunya sama sama dengan harga terjangkau.

Berikut daftar menu yang kami habiskan:
1. Tempoyak Ikan Toman Rp. 17.000
2. Teri Cabe Ijo Rp. 10.000
3. Cah Kangkung Rp. 10.000
4. 1 Nasi Rp.6.000 (nasinya mahal yah?)
5. Es Jeruk Rp. 6.000

Walaupun biasanya campuran tempoyak itu ikan patin, tapi kami mencoba ikan toman. Rasanya tetap enak, gurih dan tidak berbau amis. Apalagi kuahnya jika dicampur dengan sambal caluk (sambal khas jambi dengan terasi) saja sudah bikin pengen nambah lagi. Ketakutan saya akan bau durian justru tidak terbukti. Mungkin karena kuahnya tidak begitu kental sehingga bau ala duriannya tidak terlalu menyengat. Saat makan ini, saya malah berasa sedang makan sup ikan hehehe

Tempoyak, sambal teri dan sambal caluk Bu Salma

Bagi yang penasaran, silahkan di coba yah. RM bu salma ini dari pinggir jalan pun kelihatan apalagi modelnya rumah makan warung sederhana namun kesemuanya memuaskan. Makasih Bu Salma!

Info RM. Bu Salma (Telp : 0741 62691)
Di depannya kantor Telkomsel Telanaipura - Jambi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets