Jalan Jalan naik kereta api Gambir - Bandung

Minggu, 05 Juli 2015

Ada rasa bersalah di diriku.
Aku paling suka perjalanan dengan kereta api. Udah sempat pergi kemana mana namun kereta api di negara sendiri belum pernah dicoba. Durhakanya aku!

Nah jadi mumpung bakal berlibur bersama adik adik (baca : anak anak), aku putuskan inilah saatnya mencoba kereta api. Image kereta api kini memang sudah lebih baik. Tidak ada lagi yang serobot kursi, penumpang yang berlebih, pungli, jorok dan kesan negatif lainnya.

Aku sengaja memilih naik kereta api Argo Parahyangan dari gambir.
Berikut jadwal kereta api Gambir - stasiun Bandung Argo Parahyangan :
Berangkat Tiba
05.00         08.34
08.30         11.59
10.15         13.35
11.45         14.57
15.30         18.28
18.15         21.27
20.00         23.12

Saya dan adik adik memilih keberangkatan jam 10.15 karena ingin mengisi perut terlebih dahulu. Tiket per orangnya adalah Rp.90.000 di kelas bisnis.

Ketika hendak masuk ke stasiunnya, masih ada waktu luang kurang lebih setengah jam namun petugas pengecek karcisnya meminta kami menunggu di luar saja dulu. Takutnya salah masuk jalur dan kereta, begitu penjelasannya. Akhirnya kami mutar mutar dulu sambil mencari kursi kosong yang jumlahnya sangat sedikit itu.

Barulah ketika ada pengumuman kereta akan tiba, petugas memperbolehkan kami masuk. Untuk jurusan ke bandung, kereta api berada di lantai teratas jalur dua sebelah kanan.Tidak lama si kereta yang ditunggu dateng dan tampak beberapa pramugari serta kaptennya keluar untuk menyapa pengunjung turun dan membantu mengarahkan penumpang baru yang bingung masuk di gerbong mana (kami banget!)

Kereta Api Bisnis Argo Prahyangan Gambir - Bandung
Ternyata kereta apinya kursinya bisa diputar loh bagi yang berombongan biar asik duduknya berhadap hadapan. Kursinya sih tak cukup empuk namun lebar buat berdua dan kalo sendiri bisalah buat tidur.

Sepanjang perjalanan kereta api tidak berhenti di stasiun lain lagi jadinya tidak perlu khawatir akan macet dan penyusup.

Kereta api membelah jalanan
Asiknya lagi ketika sudah sampai di bandung pemandangan ibukota sudah tergantikan dengan hamparan sawah serta hijaunya bukit yang bikin hati adem.
Pemandangan sawah dari jendela kereta api Argo Parahyangan
Di perjalanan juga ada mbak mbak pramugari yang menawarkan makanan namun stok terbatas dan cepet habisnya. Menu seperti nasi rames dijual seharga Rp.35.000 dan teh Rp.5000. Ada juga sih air minum botolan dan pop mie bagi yang kelaparan. Untuk WC, kebersihannya terjaga dan jongkok pula. Salut!

Keputusan : Saya sungguh tak menyesal naik kereta api ke Bandung daripada naik travel. Waktu kedatangan dan keberangkatan semuanya on time. Petugasnya ramah dan sangat membantu. Kereta bersih dan perjalanan tak terkendala apapun. Recommended!

Tips nyaman berkendara kereta api Gambir - Bandung :
1. Belilah tiket terlebih dahulu. Bisa via online (nanti tinggal print sendiri di stasiun) maupun langsung datang ke konter tiketnya untuk menghindari kehabisan terutama saat peak season seperti lebaran.
2. Gunakan pakaian yang nyaman. Dalam gerbong bisnis, tersedia AC namun tidak terlalu dingin namun juga tidak panas.
3. Isi perut terlebih dahulu. Jika tidak sempat, lebih hemat jika bisa membawa makanan dan minuman sendiri buat bekal selama perjalanan.
4. Perhatikan barang bawaan. Ada sih porter yang bisa bawa bawaiin barang tapi kan bayar. Saya sih biar gak capek bawanya koper yang bisa didorong. Namun bukan yang gede karena tidak ada tempat bagasi hanya bisa diletakkan di kursi kita aja. Untuk tas bisa juga diletakkan di kompartemen atas.
5. Bawalah buku, laptop atau apapaun itu untuk memanfaatkan waktu dan mengurangi kejenuhan.
6. Jangan terlalu berisik karena rata rata penumpang memanfaatkan naik kereta untuk istirahat.

Teman teman, ada yang punya pengalaman (menyenangkan) lainnya juga?

1 komentar:

  1. cKAja mengatakan...:

    saya juga pernah waktu itu naik kereta dari semarang ke bandung. Fasilitasnya oke

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets