Lombard Street, Jalanan terbengkok di dunia

Kamis, 25 Desember 2014

Di Indonesia kita memiliki jalanan dengan kelok curam yang mengerikan yakni seperti di Kelok sembilan. Berada di Sumatera Barat, kelok sembilan bersampingan dengan jurang jurang. Salah dikit aja, nyawa taruhannya. Saya sih belum pernah melewatinya tetapi sewaktu menuju Padang dari Jambi, saya juga harus melewati jalanan yang berkelok kelok curam. Sayangnya, pas melewatinya udah tengah malam jadi tidak kelihatan apa apa.

Sampai di Amerika Serikat, ternyata ada juga jalanan berkelok ekstrem walaupun jauh dari seram. Tepatnya di San Frasisco terdapat Lombard street, sebuah jalanan satu arah tak beraspal yang hanya muat satu mobil sekali jalan dan disebut disebut memiliki kelokan yang menukik tajam se-dunia. Bener gak yah?

Lombard Street

Lombard Street

Lombard Street

Lombard Street dengan total 8 kelokan ekstrem ini memang sengaja dibuat begini dengan alasan keamanan. San Fransisco pada dasarnya memang memiliki struktur yang penuh penurunan dan penanjakan yang curam. Salah satunya yakni Lombard Street ini. Jika Lombard Street hanya dibuat satu arah saja, maka para pengemudi bisa "bablas" ketika menuruninya. Oleh karena itu dibuatlah berkelok kelok sehingga para pengemudi terpaksa pelan pelan jalannya.

Kalau dari depan begini bentuknya :
Lombard Street (gambar diambil dari sini)
Ide ini tergolong unik dan mengundang rasa penasaran para wisatawan. Dari pengamatan saya, yang mau melewati jalanan ini cukup banyak. Saya rasa banyak juga para wisatawan yang iseng ingin mengetes kemampuan mengemudinya dan melewati jalan ini. 

Bagi yang nggak punya mobil, tenang aja. Di lombard street, tetap ada pinggiran jalannya dimana kita bisa menapaki pelan pelan jalanan ini dengan tangga. Malah lebih cepat nyampe ke bawahnya dibanding mobil yang harus muter muter. Karena banyaknya orang yang mau mengambil foto di daerah ini, Lombard Street yang berupa jalanan satu arah ini juga dihiasi taman taman cantik di sekitarnya. Selain itu, jangan lewatkan juga rumah rumah di sekitar jalan ini karena merupakan salah satu daerah mahal di San Fransisco dan arsitektur rumahnya pun masih tergolong unik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets