Petrified Wood, Batu Purba Arizona

Selasa, 10 Februari 2015

Sepertinya memang betul jikalau Indonesia telah kembali ke zaman batu. Nyaris semua lelaki di kantorku sudah punya cincin batu akik di tangannya. Koleksi batu mereka pun lebih dari satu. Batu-nya bisa gonta ganti menyesuaikan warna baju. Biar matching kali yeeeee.


Saya sih nggak ngeh tentang batu batu akik ini, tapi postingan kali ini mau membahas batu lain yang berasal dari Arizona, Amerika Serikat yang bernama Petrified Wood.

Loh kok wood?kayu dong!
Eits tenang dulu. Begini penjelasannya.
Petrified wood berasal dari bahasa Yunani yang berarti kayu yang berubah menjadi batu. Sesuai artinya, dulunya petrified wood adalah bagian dari kayu / kayu itu sendiri yang jutaan tahun yang lalu terseret air dan akhirnya terkubur di dasar laut. Garam dari laut serta partikel partikel lainnya itulah yang kemudian merubah kayu tersebut menjadi batu. Warna yang dihasilkan dari batu ini juga kemudian terbentuk dari warna asli kayu tersebut yang akhirnya membuat corak khas pada batu ini.

Jika dilihat sekilas, batu ini terlihat biasa saja seperti gambar di bawah.

Petrified Wood

Namun jika berada di tangan para seniman batu akik, tentu lain ceritanya. Bisa jadi seperti ini :

Batu Cincin Petrified Wood - Sumber dari sini

Pertama kali saya mengetahui info ini ketika saya dan hostfamilyku akan pulang dari ke Arizona dari New Mexico. Salah satu jalan yang kami lewati adalah daerah suku Indian dimana mereka banyak menjual hasil kerajinan mereka di toko suvenir. Iseng iseng kami pun masuk sekalian numpang ke kamar kecil.

Dari beberapa suvenir unik yang saya temukan, banyak yang lucu lucu. Yang saya nggak ngeh kalah itu adalah batu batu ini. Rupanya jenis batu ini sangat khas dan sempat dilarang pencariannya karena merusak alam. Si pemilik toko yang melihat kami yang kepo pun mengajak kami ke belakang untuk melihat koleksi batu petrified wood yang lain. Wah ukurannya ada macam macam. Dari yang besar hingga yang kecil kecil. Satu batu kecil ini dihargai kurang dari $5 dengan ukuran setengah dari telapak tangan.

Dimana mereka menemukan petrified wood?
Ada beberapa tempat di USA dimana kita bisa menemukan batu ini. Yang paling dekat dari saya, tentunya adalah Petrified Forest National Park di Arizona. Walaupun sebutannya National park, jangan pikir anda akan dikelilingi oleh hutan rimbun. Yang akan anda temui hanyalah area kosong yang dipenuhi bebatuan keras yang tak lain adalah petrified wood itu sendiri. Namun, bagi turis dilarang untuk mengambil bebatuan dari sini karena telah dilindungi.

Apakah warna batu petrified wood hanya coklat saja?
Awalnya saya juga kira begitu. Ternyata salah. Malah ada yang berwarna pelangi atau ungu terang. Memang hal ini sering saya lihat di toko toko perhiasan di Arizona tapi nggak nyangka rupanya itu tergolong petrified wood.


Nah, jadi bagi yang minat ke Arizona, mungkin bisa mempertimbangkan beli batu sebagai oleh oleh :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets