Camilan Sehat di Perjalanan

Jumat, 13 Maret 2015


Tahun ini saya punya resolusi untuk hidup lebih sehat dengan cara mengubah (sedikit demi sedikit) pola makan saya. Hal ini seyogyanya akan sukses ketika saya berada di rumah. Kalau pas lagi jalan jalan tentu lebih susah karena pilihan makanan akan lebih terbatas. Namun, paling tidak saya bisa menyiapkan camilan / makanan ringan yang mudah dibawa dan sehat. Soalnya, saya termasuk gampang lapar. Selain itu, biasanya kalau tidak ada kerjaan misalnya seperti lagi menunggu pesawat atau berada di bus, seringkali jadi ingin ngemil dan lumayan bisa buat ganjal perut juga. Oleh karena itu, camilan camilan ini sebaiknya menyehatkan jika tidak lebih baik tidak dikonsumsi saja.

Berikut camilan sehat saya di perjalanan :
1. Kacang-kacangan
Sejak tinggal di USA kemarin, saya mulai tertarik dengan beberapa jenis kacang kacangan di sana yakni Almond dan Pistachio. Kebetulan di sana harganya termasuk murah dan kualitasnya bagus. Sekali dicoba, rasanya bikin nagih terus loh. Kacang kacangan ini baik sebagai tambahan serat buat tubuh dan banyak mengandung vitamin lainnya. 

2. Snack Bar
Ada beberapa merk Snack Bar yang ada di pasaran seperti Soyjoy, Oat8 dan Fitbar. Namun yang paling saya suka adalah Fitbar yang rasa Chocolate dan oat rasa Almond. Mantap!
 
3. Buah
Minimal dalam satu hari saya harus makan buah 1 macam (lebih baik lagi dua). Oleh karena itu, saya rela relaiin bawa kotak makan berisi buah untuk dinikmati di jalan. Kalau di Indonesia, untungnya jus mudah didapatkan dimana mana. Jika tidak mau begitu ribet bawa saja buah kering yang mudah didapatkan dan dimakan seperti jeruk atau pisang. Segar, sehat dan bikin kenyang pastinya!

4. Vitamin C
Vitamin C banyak ditemukan di dalam buah seperti jeruk atau mangga. Tapi karena gak selalu bisa makan buah ini, saya biasanya bawa tablet kunyah Vit C.Vit C ini ibarat sebagai senjata biar nggak down dalam perjalanan.

5. Madu.
Semenjak tahun ini, saya selalu minum madu asli setiap hari sebelum tidur. Untuk perjalanan, saya bisa bawa madu botol kecil atau yang dalam sachet kecil sesuai lamanya perjalanan.

6. Roti
Roti termasuk camilan yang bisa mengenyangkan. Sebisa mungkin cari yang roti gandum dan tidak terlalu manis. Bisa juga bawa kue basah atau kering jika tidak ada roti yang tersedia.

7. Susu Kotak
Susu kotak/botol sangat mudah dijumpai di pasaran dan seharusnya selalu ada di dalam tas anda.

8. Coklat (dalam jumlah kecil)
Coklat sejatinya sehat jika dikonsumsi secukupnya (sedikit saja). Saya suka bawa aneka coklat dari merk Top, Fullo dan hanya bawa satu dan ukuran yang kecil aja.

9. Cereal 
Camilan ini sangat bermanfaat kalau anda nginep di hostel yang nggak memberikan makan pagi. Daripada mengonsumsi mi instan, cereal instan banyak dijumpai dalam kemasan kecil bisa dijadikan pilihan tepat. Saya suka juga loh makan cereal gitu aja kering kering nggak dikasih susu

10. Permen
Permen yang saya bawa biasanya untuk pelega tenggorokan. Sering juga buat saya kunyah kunyah di dalam pesawat agar telinga saya gak mampet.

PS : Beberapa camilan di atas memang lebih mahal dari rata rata camilan yang tersedia, tapi nggak apa apa deh. Daripada makan angin doang, mending makan yang berguna. Sehat itu mahal. Tapi kalao sakit, lebih mahal lagi kakak.

Taco, praktis buat dibekalin, sehat dan enak!

Kalau kamu bawa camilan apa di jalan?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Wisata © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets